Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization,
biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis
yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui
mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja
atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan
sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil
pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs
web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih
besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet
sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada
posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan
pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini
dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama
kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di
Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga
mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi
yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web
mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada
suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster
melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan
konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer
Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun
Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan
matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan
PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara
perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis
atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa
halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak
di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila
halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai
sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat
bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web
berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin
mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu
singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet
karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak
dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi
mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya
memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi
pada hasil pencarian.
Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa
[webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada
urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan
ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan
perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta
tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai
ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang
memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa
perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event
rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan
panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks
dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai
akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML
standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus
login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan
URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base
Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak
mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
Etika dan legalitas
Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan
juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah
webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang
memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada
peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang
penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword
stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang
tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.
Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa
perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan larangan
tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka. Pada
tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah firma SEO
bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus dari indeks
Google karena menggunakan teknik SEO ilegal. Kasus lain yang terkenal adalah
ketika Google pada Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh
Jerman dari daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW
dan Ricoh dengan segera meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs
mereka. Google kemudian memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks
pencarian. Namun skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan
bagi kedua perusahaan tersebut.
Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal
sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut
untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam
pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling
berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan
manfaatnya bagi pengguna internet.
Strategi pemasaran internasional
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan
web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya
lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari
seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk
utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs
web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google,
Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil
pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan
pemasaran via internet:
* Peluang calon pelanggan
mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut
pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
* Berada pada peringkat
pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah
situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung
dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang
ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut.
Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga alamat
situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik masih
dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWord.
Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik, artinya
untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan akan dikenakan
biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses lelang (bidding)
katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
Teknik Paling Ampuh SEO (Search Engine Optimization)
02 May 2011 | 20:37
SEO singkatan dari Search Engine Optimization, sebuah teknik yang kita
buat website mudah ditemukan melalui mesin pencari seperti Google. Internet
adalah media yang paling mahal, efektif dan cepat dalam penyampaian informasi.
Media lain seperti mencetak brosur sebagai media promosi sangatlah mahal.
Apalagi Untuk media televisi biaya yang sangat besar, dan hanya beberapa detik.
Berikut Tipsnya :
Dengan internet kita hanya membayar internet, membuat website, update
isinya. Tetapi meskipun demikan tidak berarti apa-apa jika kita tidak
mengunjungi website kami orang. Oleh karena itu, kita harus mencoba untuk
mengunjungi salah satu web kami.Cara yang paling efektif untuk mendatangkan
pengunjung melalui mesin pencari Google. Ini disebut Search Engine
Optimization.
1. SEO langkah pertama adalah
memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda.
2. Langkah kedua adalah untuk
merencanakan isi dari website Anda.
3. Langkah ketiga adalah
membuat website yang secara teknis mendukung SEO.Hubungi web developer yang
memiliki kemampuan ini.
4. Langkah keempat desain
semenarik mungkin konten website Anda, pastikan ada fasilitas tambahan Berita
dan Artikel.
5. Langkah lima melakukan
penelitian kata kunci apa yang digunakan pengunjung banyak.
6. Langkah enam untuk artikel
dengan judul dan isi kata kunci tersebut. Tentunya kata kunci tersebut harus
terkait dengan bisnis Anda. Buat juga artikel lain yang mendukung / berkaitan
dengan artikel kelima. Hal ini untuk memperkaya website Anda.
7. Langkah Ketujuh sering
dikunjungi www.prowebpro.com untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang SEO,
bagaimana menggunakan search engine untuk mempromosikan produk dan jasa Anda.
sumber :
0 komentar:
Posting Komentar